Keterangan Aspek
1. Penyampaian kontrak perkuliahan pada awal perkuliahan(hanya untuk dosen pada pertemuan pertama)
2. Penggunaan buku acuan/literature yang relevan dan terkini
3. Kesesuaian realisasi perkuliahan dengan beban SKS yang ditetapkan
4. Kesesuaian materi yang disampaikan dengan kontrak perkuliahan
5. Materi yang diberikan memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan keilmuannya
6. Pemberian kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi
7. Sikap, perilaku dan penampilan dosen pada saat pelaksanaan perkuliahan
8. Pemberian waktu yang realistis dalam penyelesaian tugas
9. Kesesuaian proporsi nilai tugas, test dan ujian dalam persentase nilai akhir
10. Memberikan umpan balik yang konstruktif terhadap hasil belajar mahasiswa (tugas, ujian, kuis, dll)
ANALISIS DAN TINDAK LANJUT
Analisis:
Aspek peran dosen dalam pembelajaran sangat baik, yaitu dengan nilai
presentase 51,52% untuk penilaian sangat baik, diikuti 43,67% untuk
penilain baik, 3,77% untuk penilaian cukup, dan 1,05% untuk penilaian
kurang. Namun tiga aspek “sangat baik” terendah adalah:
1. Pemberian waktu yang realistis dalam penyelesaian tugas (48.82)
2. Kesesuaian proporsi nilai tugas, test dan ujian dalam persentase nilai akhir (48.86)
3. Memberikan umpan balik yang konstruktif terhadap hasil belajar mahasiswa (tugas, ujian, kuis, dll) (47,12%)
Sedangkan 3 aspek “sangat baik” tertinggi adalah:
1. Penyampaian kontrak perkuliahan pada awal perkuliahan(hanya untuk dosen pada pertemuan pertama) (56,93%)
2. Kesesuaian materi yang disampaikan dengan kontrak perkuliahan (53.04)
3. Pemberian kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi (54.66)
Tindak lanjut:
Untuk menindaklanjuti hasil analisisi diatas, maka perlu dilakukan:
1. Penyampaian kepada seluruh dosen S1 Teknik Biomedis terkait hasil
evaluasi perkuliahan melalui rapat Prodi maupun secara privat
2. KPS mendorong semua staff dosen dan memotivasi dosen untuk senantiasa
meningkatkan kualitas pribadi dalam melaksanakan kegiatan PBM dengan
memberikan umpan balik yang konstruktif terhadap hasil belajar
mahasiswa.
3. KPS mendorong semua staf dosen untuk memberikan waktu yang realistis dalam penyelesaian tugas
4. KPS mendorong semua staf dosen untuk memberikan umpan balik yang
konstruktif terhadap hasil belajar mahasiswa (tugas, ujian, kuis, dll).